Monday, July 9, 2012

CARA MANCING

 

Cara mancing ikan mas ada dua metode yakni 
pelampungan dan glosora



Cara yang biasa diterapkan untuk mancing ikan mas di indonesia ada dua metode yaitu dengan menggunakan rangkaian bepelampung dan rangkaian langsung yang di beri pemberat (disebut glosor,glosoran).

Tehnik mancing sistem galatama rangkaian yang dipakai karena kebanyakan empang galatama penggunaan pelampung tidak diperbolehkan. Sedang pada lomba mancing biasa, Baik kedua rangkaian tadi diperbolehkan. Pengguna raingkaian mana yang cocok atau lebih efektip tergantung dari kebiasaan pemancing itu sendiri, Kondisi cuaca dan empang tempat memancing juga mempengaruhi.

Ukuran Mata Kail Untuk Mancing Ikan Mas
Ada beberapa kekeliruan para pemancing ikan mas dalam memilih mata kail, adapun target dan sasaran ikan buruannya berbeda-beda, ikan yang biasa dilepas dikolam harian biasanya sekitar sekilo tiga ekor. Namun banyak yang menggunakan kail ukuran besar atau kurang sepadan, kekurangan kail ukuran besar untuk ikan yang sekilo tiga ekor yaitu:
  • Umpan banyak terbuang dan agak lama bila dimakan ikan
  • Bila di makan ikan agak susah kenanya karena mulut ikan dengan umpan sama besarnya
  • Apabila kena hanya tipis dan keseringan ikan terlepas/ mocel
  •  
  • Ada baiknya jika mancing kolam harian kail yang digunakan berukuran sedang 6/0 atau 7/0 jika ada ikan supernya bolehlah kita menggunakan kail 8/0. Jika anda ingin menggunakan kail yang sedang dalam perlombaan ikan mas gunakan kail bernomor 8/0 karena biasanya ikan yang dilepas sewaktu lomba lebih besar dibanding kolam harian dan juga kail bernomor 8/0 bisa untuk ikan besar siapa tau supernya makan umpan anda.
    Untuk para pemancing biasakan menggunakan kail lebih dari dua, agar kita bisa lebih mudah mengontrol umpan dan mengganti umpan di mata kail yang ada dipancing. Jangan tergesa-gesa untuk membuka ikan karena bisa jadi tangan kita terkena kail dan sedikit bagi-bagi pengalaman. Biasakan bawa gunting kuku diperalatan pancing kita.
    Bila tangan kita tertancap mata kail yang pertama kita perhatikan adalah mata kail yang terkena tangan kita cepat-cepat kita putuskan/ gunting. Ikat kuat dengan tali tangan yang terkena mata kail dan ingat jangan panik. Lalu minta tolong yang punya pemancingan untuk menarik kail keluar dengan tang atau siapa saja. Tenang saja kail yang terkena tangan tidak beracun pakailah batu es untuk luka cepat berhenti, tutupilah dengan handiplast agar tidak terkena debu. ir